Term of Service
Hak dan Kewajiban Kami


  1. Kami melakukan riset, rancangan, serta produksi konten Instagram untuk Anda selaku klien sesuai paket layanan yang dipesan.
  2. Sebelum proses produksi berlangsung, kami akan mengagendakan briefing baik secara online atau tatap muka (untuk wilayah Surabaya) bersama Anda setelah pembayaran selesai.
  3. Kami akan mengajukan moodboard atau contoh gambar sesuai hasil briefing, dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam setelah briefing.
  4. Anda berhak mengajukan revisi untuk moodboard yang diajukan.
  5. Setelah moodboard disetujui, maka kami melakukan riset konten dan mulai melakukan pengerjaan konten sesuai dengan paket layanan yang dipilih.
  6. Kami berkewajiban untuk melakukan riset hashtag sesuai paket layanan dan memberikan 15 hashtag per konten.
  7. Kami berkewajiban untuk membuatkan caption atau copywriting untuk masing-masing konten yang dibuat.
  8. Kami akan mengirimkan content planner yakni dokumen ringkas yang berisi draft konten untuk Anda setujui dengan tujuan agar konten yang dibuat relevan dengan yang Anda kehendaki.
  9. Anda dapat menyetujui dan atau meminta pergantian satu atau lebih konsep konten dari content planner jika dirasa tidak sesuai dengan yang Anda kehendaki sebelum proses produksi berlangsung.
  10. Kami akan menerbitkan konten dan perkembangan kinerja pada aplikasi Trello.
  11. Kami akan upload minimal tiga konten per hari pada aplikasi Trello hingga batas maksimal layanan yang dipilih.
  12. Kami akan melaporkan perkembangan kinerja kepada Anda supaya Anda bisa mengajukan revisi pada konten yang telah dibuat.
  13. Kami tidak melayani perubahan konten setelah content planner disepakati.
  14. Kami memberikan bonus promosi di instagram story Mebiso sesuai dengan kuantitas sesuai layanan yang Anda pilih.
  15. Kami memberikan garansi revisi konten tanpa batas selama masa periode kontrak layanan yang dipilih. Apabila Anda mengajukan revisi setelah masa periode kontrak berakhir, maka revisi tersebut dianggap sebagai kontrak baru.
  16. Kami tidak menyediakan layanan posting konten terjadwal untuk akun Instagram Anda karena menyangkut keamanan akun instagram.
  17. Kami tidak menyediakan layanan follow-unfollow, like, comment, DM atau sejenisnya yang mengatasnamakan akun Instagram milik Anda.
  18. Kami tidak bertanggung jawab apabila Anda lalai memposting konten di akun instagram Anda, walaupun kami telah menuntaskan kewajiban.
  19. Kami berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan semua data Anda yang diserahkan dan/atau yang diterima oleh Kami.

Hak dan Kewajiban Anda

  1. Anda berkewajiban untuk memberikan data-data seperti company profile, gambar logo, foto dan deskripsi produk atau layanan, dan pedoman lainnya yang perlu untuk ditampilkan di setiap konten yang kami buat dalam bentuk softcopy maupun hardcopy setelah kontrak disetujui oleh kedua belah pihak. 
  2. Anda menjamin bahwa data company profile, gambar logo, foto dan deskripsi produk atau layanan, dan pedoman lainnya dalam bentuk text, graphic, gambar statis dan bergerak, design, trademark yang diserahkan kepada Kami untuk dipakai dalam konten tersebut adalah benar milik Anda, atau telah diizinkan oleh pemilik hak intelektual atas konten tersebut untuk kami gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas tuntutan yang timbul dikarenakan penggunaan hak intelektual tersebut. 
  3. Anda mendapatkan layanan sesuai paket yang dipilih. 
  4. Penggunaan seluruh konten maupun penerbitan konten sepenuhnya tanggung jawab Anda. 
  5. Anda diperbolehkan untuk tidak mengambil layanan maupun bonus dari paket yang disediakan. Namun, tindakan tersebut tidak mengurangi harga kontrak yang disediakan. 
  6. Anda mendapatkan laporan berupa statistik akun Instagram Anda setelah masa periode kontrak berakhir. 
  7. Jika Anda memilih paket Gold dan atau Platinum, Anda dapat memilih untuk melakukan uji coba 20 konten pertama terlebih dahulu untuk melihat jenis konten yang paling banyak mendapatkan traffic dan engagement untuk dijadikan pedoman pembuatan konten sisanya sesuai masa kontrak.

Etika/Hukum/Liability
  1. Kami tidak menerima atau mengerjakan segala sesuatu dan konten yang melanggar etika internet dan hukum di Indonesia seperti dan tidak terbatas oleh contoh berikut: pornografi, SARA, spamming dan hal-hal kriminal lainnya. 
  2. Kerugian yang diakibatkan karena force majeure atau bencana alam akan diselesaikan secara musyawarah.

Ruang Lingkup Kerja


  1. Briefing yakni pertemuan tatap muka dan atau online dimana Anda menjelaskan kebutuhan konten yang dikehendaki serta ketentuan lain.
  2. Guideline atau referensi yakni dokumen pelengkap yang disiapkan Anda untuk kami gunakan sebagai patokan membuat konten.
  3. Pengajuan moodboard yakni konsep desain yang akan dijadikan pedoman dalam mendesain konten.
  4. Riset hashtag yakni tagar yang dimasukan dalam caption untuk memperluas jangkauan konten Instagram Anda.
  5. Riset konten yakni perancangan konten untuk akun Instagram Anda sesuai pedoman dan atau referensi yang Anda berikan.
  6. Content planner adalah dokumen yang berisi konsep atau draf kasar untuk konten yang akan dibuat.
  7. Konten yang kami buat terbagi ke dalam beberapa kategori berikut:




  • Konten Tips & Education yakni konten yang berisikan informasi atau pengetahuan yang bermanfaat untuk pengikut Instagram Anda.
  • Selling Content yakni konten yang bertujuan melakukan penjualan baik dalam bentuk katalog produk, promosi, atau penawaran lainnya.
  • Testimoni yakni konten yang menampilkan testimoni asli dari pelanggan bisnis Anda.
  • Quiz yakni konten berupa pertanyaan ringkas untuk memancing jawaban dari pengikut Instagram bisnis Anda.
  • Interactive / Discussion yakni konten yang mengajak pengikut Instagram bisnis Anda untuk memberikan pendapat lewat kolom komentar.
  • Trend Riding / Lifestyle yakni konten yang dikaitkan dengan tren yang sedang hangat atau yang berkaitan dengan gaya hidup.
  • Konten Story yakni konten yang dibuat khusus untuk fitur Instagram story yang tidak disertai dengan caption.




8. Revisi adalah pengajuan yang Anda ajukan untuk mengganti satu atau lebih elemen desain atau copywriting caption yang ada dalam satu atau lebih konten yang sudah dibuat. Revisi tidak sama dengan mengganti tema atau topik utama yang ada dalam konten yang dibuat.




Jangka Waktu Kontrak


  1. Jangka waktu target pengerjaan kontrak pembuatan konten sesuai dengan paket yang Anda pilih terhitung sejak penandatanganan kontrak.
  2. Proses pengerjaan dapat diselesaikan tepat waktu jika materi company profile, gambar logo, foto dan deskripsi produk atau layanan, dan pedoman lainnya tersedia segera pada saat proyek ini dimulai.
  3. Layanan akan berakhir sesuai masa kontrak yang telah disepakati, walaupun Anda lalai atau belum menerbitkan sama sekali konten yang telah kami buat.
  4. Layanan akan berakhir sesuai masa kontrak yang telah disepakati, meskipun Anda lambat merespon kami ketika dimintai keterangan mengenai layanan pembuatan konten story instagram atau layanan lainnya dalam paket yang disediakan.
  5. Jangka waktu penyelesaian kontrak adalah sesuai dengan jadwal pengerjaan, apabila ada keterlambatan maka akan diadakan kontrak ulang.




Biaya Jasa dan Sistem Pembayaran



  1. Kami hanya menerima sistem pembayaran dimuka dengan disertai surat kontrak yang berkekuatan hukum.
  2. Biaya jasa yang kami tawarkan sesuai dengan paket Anda pilih.
  3. Segala pengurangan bonus atau fasilitas yang kami sediakan tidak mengurangi harga kontrak.
  4. Pengerjaan konten dilakukan setelah dilakukan pembayaran.
  5. Permohonan perubahan/penambahan teks, grafis, gambar statis dan bergerak, desain, serta merek dagang secara khusus yang memerlukan izin hak cipta dari pihak tertentu, akan dikenakan biaya tambahan untuk perolehan izin penggunaannya pada konten.




2019 - Mebiso.com All rights reserved